Megawati, Megawati (2023) Perspektif Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Anak di Panti Asuhan Sitti Khadijah Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
17.1100.027_MEGAWATI. A.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Perspektif Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Anak di Panti Asuhan Sitti Khadijah Pinrang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembinaan anak di Panti Asuhan Sitti Khadijah Pinrang Perspektif Pendidikan Agama Islam, untuk mendeskripsikan apakah ada faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Pembinaan Anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengankat data yang ada di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Perspektif Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembinaan Anak di Panti Asuhan Sitti Khadijah Pinrang, yaitu: Pengasuh menggunakan pola pengasuhan otoriter,demokratis, permisif agar metode pembinaan dapat lebih efektif, yaitu dengan metode contoh teladan, memberi nasehat, memberi perhatian khusus, membiasakan anak melakukan yang baik, dan memberikan hukuman yang proporsional. Adapun kegiatan yang dilakukan Pengasuh serta para pengurus Panti Asuhan adalah kegiatan yang bernuansakan Islam, seperti melaksanakan shalat berjamaah pada waktu shalat Shubuh, Maghrib dan Isya, membaca Alquran setelah selesai shalat, mendengarkan kajian yang dibawakan oleh pengasuh setiap selesai sholat subuh, melakukan kegiatan olahraga tapak suci. Serta mengadakan evaluasi dan lomba-lomba seperti sambung ayat, lomba Adzan, lari kelereng, baca puisi dan cerdas cermat. Kegiatan tersebut dilakukan setiap tujuh belasan Agustus dan akhir tahun. Faktor pendukung dalam penerapan pembinaan anak diantaranya adalah ilmu yang dimiliki oleh Pengasuh, sejalannya visi dan misi pengasuh dengan pengurus Panti Asuhan Sitti Khadijah Pinrang, kemudian kesabaran dan keikhlasan Pengasuh dalam mendidik dan mem bina anak asuh, Pengasuh sebagai teladan yang dapat dicontoh anak asuh untuk berperilaku baik, serta adanya peraturan Panti Asuhan yang membuat anak asuh lebih teratur. Faktor penghambatnya adalah ketika ada salah satu Pengurus Panti Asuhan yang punya tanggungjawab di panti ini tidak ikut dengan komitmen yang telah disepakati sehingga itu yang biasa menghambat proses pembinaan, dan yang menjadi penghambat juga adalah kurang ilmu dan pengalaman, serta kurang inovasi. Yang menjadi penghambat juga ketika mendidik anak pada jaman orang tua-tua, ada saja anak asuh yang melanggar peraturan yang sudah dibuat meskipun sudah diberitahu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perspektif Pendidikan Agama Islam, Pembinaan, Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:38
Last Modified: 17 Jul 2024 01:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5965

Actions (login required)

View Item View Item