Marhalim, Ikhsan Safitrah (2023) Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Layanan Jasa Keuangan BRILink Di Kec. Bacukiki Barat Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.2300.043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (13MB)

Abstract

Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa yang dirasakan seseorang setelah membandingkan antara persepsi/kesan terhadap kinerja suatu produk beserta harapan-harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masyarakat Kelurahan Lumpue Kec. Bacukiki Barat Kota Parepare merasakan kepuasan atas transaksi yang dilakukan melalui layanan jasa keuangan BRILink yang ada di Kec. Bacukiki Barat Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam mengumpulkan data menggunakan metode penelitian lapangan (field research)dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,interview, dan dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), dan verifikasi (verifikation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Fasilitas layanan jasa yang ditawarkan BRILink kepada masyarakat Lumpue kota Parepare yaitu cash in & out, report, setor tunai, tarik tunai, isi ulang pulsa, belanja merchant, setoran pinjaman, registrasi mobile banking, registrasi internet banking, informasi rekening, transfer, pembayaran, dan setor-pasti).Dan layanan jasa keuangan BRILink yang sering digunakan masyarakat Lumpue Kota Parepare yaitu setor tunai, tarik tunai, transfer dan pembayaran/ pembelian, serta jenis layanan yang jarang digunakan masyarakat Lumpue Kota Parepare yaitu setor pinjaman, isi ulang pulsa, serta registrasi mobile/internet banking.2). Kepuasan masyarakat Lumpue Kota Parepare dalam menggungakan layanan jasa keuangan BRILink diukur dari 2 hal yaitu: (1). Indikator kepuasan konsumen. a). Perasaan puas, puas akan produk dan pelayanan dari agen BRILink, b). Selalu membeli produk, senantiasa membeli produk jasa BRILinksecara berulang, c). Merekomendasikan kepada orang lain, merekomendasikan layanan jasa keuangan BRILink kepada orang lain. (2). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan. a). Kualitas produk, kualitas jasa keuangan BRILink, b). Harga/biaya, biaya transaksi pada BRILink, c). service quality, kualitas layanan yang diberikan oleh pelaku BRILink, d). emotional factor,perasan puas atas layanan yang diperoleh saat bertansaksi melalui BRILink, e). Kemudahan, keefesienan dan keefektifan yang dirasakan saat bertransaksi melalui BRILink.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Indikator Kepuasan, Faktor Kepuasan, dan BRILink
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:45
Last Modified: 18 Jul 2024 00:45
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5962

Actions (login required)

View Item View Item