Fahrizal, Irghi (2023) Pengaruh Persepsi Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Pembiayaan Murabahah Pada Bank Muamalat KCP Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
18.2300.139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Sebelum berkembangnya bank syariah, masyarakat hanya mengenal satu sistem perbankan, yaitu sistem perbankan tradisional.Sebagian kalangan meyakini bahwa ini adalah sistem yang termasuk riba. Hal ini tercermin dari suku riba pinjaman dan produk simpanan. Tapi sekarang Anda memiliki pilihan untuk tidak menggunakan produk ini.Adanya bank Islam diharapkan dapat memberikan sumbangan terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui pembiayaan-pembiayaan yang dikeluarkan oleh bank islam yaitu salah satunya pembiayaan murabahah.Berdasarkan data Bank Indonesia, murabahah masih dominan dalam pembiayaan bank syariah. Murabahah bi tsaman ajil atau lebih dikenal murabahah berasal dari kata ribhu (keuntungan). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif khususnya kuantitatif asosiatif.Penelitian memakan waktu 60 hari.Observasi, angket, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data.90 orang menjadi sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan uji one sample T test, korelasi pearson product moment, dan regresi linier sederhana sebagai metode analisis datanya. Hasil penelitian dengan teknik One Sampel T-test. Pertama, persepsi nasabah (X) diperoleh nilai 94,62% berada pada kategori sangat baik. Kedua seberapa baik keputusan memilih pembiayaan murabahah (Y) diperoleh nilai sebesar 94,08%. Hasil uji korelasi diperoleh 0,657 menandakan bahwa terdapat hubungan sangat kuat antara persepsi nasabah dengan keputusan memilih pembiayaan murabahah pada Bank Muamalat KCP Parepare. Diketahui r tabel 0,207 maka pearson correlation dalam penelitian ini bersifat positif dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat hubungan yang signifikan, maka persepsi nasabah dengan keputusan memilih pembiayaan murabahah terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Hasil uji regresi linear sederhana diketahui angka koefisien regresi nilainya sebesar 0.595.maka setiap penambahan 1% menggunakan persepsi nasabah maka keputusan memilih pembiayaan murabahah akan meningkat sebesar 0,595. Hasil uji koefisien determinasi bahwa R square diperoleh 0,657 dengan tingkat hubungan moderat, memiliki arti bahwa 43,3% keputusan memilih pembiayaan murabahah(Y) dipengaruhi persepsi nasabah (X) dan 56,7% dipengaruhi oleh variabel yang lain. Kata Kunci :Persepsi Nasabah, Keputusan Memilih, Pembiayaan Murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Nasabah, Keputusan Memilih, Pembiayaan Murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: magang user
Date Deposited: 17 Jul 2024 06:51
Last Modified: 17 Jul 2024 06:51
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5958

Actions (login required)

View Item View Item