Nurudin, Muhammad (2023) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF PINRANG DALAM MEMBINA AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Tesis_MUHAMMAD NURUDIN2120203870133005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Strategi komunikasi, faktor pendukung dan penghambat komunikasi Kepala Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Pinrang dalam membina akhlakul karimah peserta didik. Hal ini didasari pada pengaruh perkembangan teknologi begitu pesat yang dapat merusak moral dan akhlak peserta didik jika tidak diantasipasi dengan baik. Permasalahan utamanya adalah bagaimana strategi komunikasi dalam membina akhlakul karimah peserta didik. Penulis melakukan pendekatan penelitian dengan metode kualitatif. Paradigma penelitian ini adalah naturalisme; sumber data adalah Kepala Madrasah, Guru, Tenaga Kependidikan dan Peserta Didik (data primer) dan dokumen pembinaan akhlakul karimah MTs Ma’arif Pinrang (data sekunder); instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan dibantu melalui alat pengumpulan data yaitu lembar pedoman observasi, pedoman wawancara, camera digital dan tape recorder; teknik pengumpulan data adalah observasi partisipasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi; dan pengujian keabsahan hasil penelitian yaitu credibility, transferadibility, dan confirmability. Hasil penelitian ini menggunakan teori persuasif dan behaviorisme, tentunya sesuai dengan masalah utama yang dirumuskan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Kepala Madrasah dalam membina akhlakul karimah peserta didik menerapkan strategi persuasif dengan menggunakan teknik asosisi, integrasi, ganjaran dan tataan. Sedangkan dalam menerapkan strategi behaviorisme menggunakan 3 langkah yaitu stimulus, proses dan respon. Dalam tahap stimulus Kepala Madrasah menetapkan aturan tentang kewajiban berakhlakul karimah. Pada tahap proses komunikasi, Kepala Madrasah menggunakan jenis komunikasi antarpribadi. Metode komunikasi menggunakan komunikasi redudancy, verbal dan non verbal. Bentuk pembinaan menggunakan pembinaan keteladanan, pembiasan, nasehat, dan hukuman. Dari seluruh rangkaian penerapan stategi komunikasi menunjukkan adanya respon / peningkatan akhlakul karimah peserta didik dalam hal religius (keagamaan), kedisiplinan, tanggungjawab, cinta damai, peduli lingkungan dan peduli sosial. (2) Faktor pendukung komunikasi yaitu adanya kedekatan, saling menghargai, dan feedback oleh peserta didik. Sedangkan faktor penghambat yaitu intonasi suara saat berkomunikasi, kecepatan bicara atau tempo dan kosa kata karena perbedaan suku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Membina, Akhlakul Karimah.
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: darman achmad
Date Deposited: 18 Jul 2024 00:41
Last Modified: 18 Jul 2024 00:41
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item