Nurmila, Nurmila (2024) Instagram Sebagai Media Dakwah ( Respon followers pada Akun Instagram @angger_sy dan @basyasman ). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SKRIPSI_NURMILA_19.3300.050_ASLI[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat, salah satu media yang dapat dimanfaat untuk menyampaikan dakwah yaitu Instagram. Akun @Angger_sy dan @basyasman merupakan salah satu akun yang bergerak dalam bidang dakwah dengan unggahan pesan dakwahnya melalui audio visual untuk menyebarkan dan menyebarkan informasi melalui media sosial. Hal tersebut menjadi peluang dakwah dalam menyampaikan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi pesan dakwah dan mengetahui respon/feedback pada kolom komentar pada kedua akun yaitu akun @angger.sy dan @basyasman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Content Analysis, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses analisis pada penelitian ini melalui dua tahap. Tahap pertama yaitu dengan menganalisis pesan dakwah dari kedua akun dakwah dipilih masing tiga unggahan konten dakwah yang memiliki viwers terbanyak. Dari ketiga uggahan konten dakwah tersebut peneliti memilih masing-masing satu konten dakwah dengan viwers terbanyak untuk menganalisis respon followers dengan mempertimbangkan faktor like, komentar, dan share dengan menggunakan teori uses and gratification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah melalui Instagram mengandung pesan akidah, akhlak, dan syariah. Pesan dakwah yang terkandung ajakan untuk berbuat kebaikan serta senantiasa memperingati pada masalah dunia dan akhirat. Adapun respon followers pada kedua akun menandakan bahwa kedua akun dakwah tersebut memiliki banyak perhatian publik hal ini berarti kedua akun tersebut telah memenuhi kepuasan batin dari audiens untuk menjadikan akun dakwah tersebut sebagai sumber pengajaran nilai-nilai agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instagram, Media dakwah, Responfollowers, @angger_sy, @basyasman
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Jul 2024 07:33
Last Modified: 16 Jul 2024 07:33
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5954

Actions (login required)

View Item View Item