Karmila, Karmila (2023) Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas XI MAN Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pemanfaatan e-learning adalah memanfaatkan jaringan internet untuk melakukan kegiatan pembelajaran baik itu tatap muka langsung maupun tidak langsung. Teknologi informasi yang dimanfaatkan salah satunya adalah google classroom. Motivasi belajar adalah dorongan dari dalam atau luar diri seseorang untuk melakukan sebuah perubahan agar mencapai tujuan belajar. Motivasi dalam belajar sangan diperlukan karena jika tidak memiliki motivasi untuk belajar, maka seseorang tidak akan melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan e-learning terhadap motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN Sidenreng Rappang. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, dengan jenis penilitian adalah korelasional kuantitatif. Adapun sampel penilitian ini sebanyak 59 siswa dari 141 peserta didik yang menjadi populasi. Dalam mengambil sampel, peneliti menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpula data yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji persyaratan analisis, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan e-learning pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN Sidenreng Rappang termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan angka persentase 0,92 atau 92% dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Indikator yang paling berpengaruh adalah grading (penilaian) dengan persentase 15,4%. (2) Motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN Sidenreng Rappang termasuk dalam kategori tinggi dengan angka persentase 0,87 atau 87% dengan nilai sig = 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak. Indikator yang paling berpengaruh adalah mengetahui hasil dengan persentase 12,5%. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan e-learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-qur’an hadits kelas XI MAN Sidenreng Rappang. Model persamaan regresi untuk memperkirakan motivasi belajar peserta didik yang dipengaruhi oleh pemanfaatan e-learning adalah Y = 3,945 + 0,888X. di mana Y adalah motivasi belajar peserta didik, sedangkan X adalah pemanfaatan e-learning. Diketahui nilai R Square sebesar 0,467. Nilai tersebut berarti bahwa besarnya konstribusi pengaruh pemanfaatan e-learning (X) terhadap motivasi belajar (Y) sebesar 46,64%. Sedangkan sisanya 53,36% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diketahui oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:37
Last Modified: 16 Jul 2024 01:37
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5932

Actions (login required)

View Item View Item