Isnawan, Lukman (2023) Peranan Guru PAI Dalam Pengembangan Toleransi Peserta Didik di SMK Negeri 3 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.083.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang berkontribusi terhadap toleransi siswa di SMKN 3 Pinrang, serta peran guru PAI dalam menumbuhkan toleransi beragama di kalangan siswa. Di SMK Negeri 3 Pinrang, metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Guru dan siswa PAI di SMKN 3 Pinrang dijadikan sebagai sumber data. Wawancara, observasi, dan dokumentasi adalah tiga metode pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi untuk analisis data. Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa 1) peran guru PAI dalam menumbuhkan toleransi di kalangan siswa SMKN 3 Pinrang melalui dua kegiatan pembelajaran yaitu pembelajaran di dalam kelas menanamkan nilai-nilai toleransi, dan pembelajaran di luar kelas memberikan contoh kehidupan yang berbeda, seperti bekerja dan gotong royong, di antara siswa dari latar belakang yang berbeda. 2) Siswa SMKN 3 Pinrang memiliki sikap positif terhadap siswa yang berbeda agama, mereka bergaul satu sama lain, saling membantu, saling bekerja sama, dan menghormati keyakinan agama lain. Mereka tidak peduli jika berteman dengan teman yang berbeda agama atau berteman dengan teman yang berbeda agama. 3) faktor pendukung dan penghambat toleransi siswa SMKN 3 Pinrang. Kehadiran materi pembelajaran agama di kelas dan keteladanan guru tentang toleransi antar umat beragama menjadi faktor pendukung. sikap peserta didik yang tanpa memandang perbedaan agama, bekerja sama dan saling membantu. Terlepas dari kenyataan bahwa jam pelajaran agama lebih sedikit, tidak ada ruang khusus untuk agama non-Muslim, dan ada ketidaksepakatan tentang topik yang dapat menyebabkan konflik. Namun, selalu ada cara bagi guru dan siswa untuk mengatasi masalah tersebut dengan mengajarkan toleransi dan saling meminta dan memaafkan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru PAI, Toleransi.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Jul 2024 01:22
Last Modified: 16 Jul 2024 01:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5927

Actions (login required)

View Item View Item