Riadi, Muhammad (2023) Pengaruh Pembelajaran Akidah Akhlak Terhadap Pembentukanan Karakter Disiplin Peserta Didik Di MTs DDI Lero. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of FullText] Text (FullText)
16.1100.015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan berperan penting karena mengembangkan peserta didik menjadi lebih dari sekedar individu intelektual. Bagaimanapun, tujuan utamanya adalah membuat karakternya menjadi pribadi yang terhormat. Banyak yang menganggap bahwa pendidikan di Indonesia tidak memperhatikan pendidikan karakter dalam mendidik peserta didik. Hal ini dinilai kurang efektif dalam membentuk karakter siswa agar memiliki kepribadian yang terpuji. Dengan cara ini, pendidikan karakter dianggap sangat penting bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter disiplin peserta didik serta untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap pembentukan karakter disiplin peserta didik di MTS DDI Lero. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan asosiatif dan metodologi regresi linier langsung. Sebanyak 244 siswa di MTS DDI Lero dibagi menjadi 71 siswa untuk dijadikan sampel dalam melaksanakan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran Akidah Akhlak telah memberikan kontribusi dalam memberdayakan peserta didik untuk mengamalkan Akhlak al-Karimah, Salah satunya adalah membentuk disiplin individu dari peserta didik. Sikap dan perilaku yang dilakukan secara sukarela dengan penuh kesadaran dan kemauan untuk mematuhi pedoman yang telah ditetapkan. (2) tingkat pengaruh pendidikan akidah akhlak uji hipotesis regresi linier dasar penelitian ini dengan variabel X (belajar akhlak) dan Y (karakter disiplin), berdasarkan perhitungan uji statistic regresi sederhana didapatkan nilai 3,427 > t table 1,944. Dengan demikian yang berarti hipotesis (Ho) ditolak, (Ha) dalam penelitian ini diterima, dengan arti ada pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap karakter disiplin peserta didik di MTs DDI Lero.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Karakter Disiplin.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Jul 2024 00:49
Last Modified: 16 Jul 2024 00:49
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5921

Actions (login required)

View Item View Item