Mahmud, Akbar Reza (2023) Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI Dengan Metode Inquiry Di Madrasah Aliyah Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
16.1100.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Metode inquiry merupakan pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar berpikir ilmiah pada diri peserta didik, sehingga pada pembelajaran ini peserta didik lebih banyak belajar sendiri dan mengembangkan kreativitas dengan memecahkan masalah. Jadi dengan metode inquiry peserta didik lebih aktif dalam belajar dengan mencari dan menemukan suatu masalah, sehingga kemandirian belajar dengan sendirinya akan tumbuh pada diri peserta didik. Kemandirian muncul ketika peserta didik menemukan diri pada posisi yang menuntut suatu tingkat kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field reserch). Jenis data ada dua yaitu data primer dan data sekunder, sedangkan sumber datanya adalah pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan dan pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa 1) Proses pembelajaran akidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah YMPI Rappang terbagi menjadi 3 kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pembelajaran ini dilaksanakan satu kali dalam seminggu dengan rentaang waktu selama 2 X 45 menit. 2) Penerapan metode inquiry pada pembelajaran akidah akhlak kelas XI di Madrasah Aliyah YMPI Rappang diikuti oleh 4 rombel, metode ini menekankan cara belajar peserta didik untuk selalu aktif dalam pembelajaran dengan cara memancing respon peserta didik dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan terbuka mengenai materi yang dipelajari. Pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan metode inquiry dilakukan dengan langkah-langkah yaitu orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Akidah Akhlak, Metode Inquiry
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 16 Jul 2024 00:43
Last Modified: 16 Jul 2024 00:43
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5920

Actions (login required)

View Item View Item