Yusuf, Hardyansyah (2024) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Efektivitas Digital Marketing Pada Produk Donat Kampar di Kabupaten Takalar. Masters thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
HARDYANSYAH YUSUF - 2120203860102006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses perkembangan usaha Donat Kampar Galesong, bagaimana efektivitas dari digital marketing dalam proses pemasaran serta bagaimana penerapan prinsip etika bisnis Islam dalam kegiatan usaha Donat Kampar Galesong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods atau metode gabungan antara penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan historis dan pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas sumber data primer dan sumber data sekunder. Penelitian ini dilaksanakan di toko Donat Kampar Galesong yang berpusat di Jl. Poros Galesong Utara, Bontolebang, Kec. Galesong Utara, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan selama ± 1 (satu) minggu. Subjek peneltian ini berjumlah 64 orang yang terdiri atas 1 orang pemilik usaha (informan), 16 orang karyawan (responden) dan 47 orang konsumen (responden). Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Donat Kampar Galesong mulai dirintis sejak tahun 2017 dan menjadi viral di media sosial akhir tahun 2019. Donat Kampar Galesong menjadi 5 besar destinasi wisata kuliner di Provinsi Sulawesi Selatan dan dapat menjadi ole-ole khas Takalar. Ada beberapa hambatan atau kendala yang harus di hadapi, yang mana puncaknya pada masa pandemi covid-19. dimana usaha Donat Kampar Galesong mengalami penurunan omzet sampai dengan 80% disebabkan karena adanya aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang di terapkan oleh pemerintah. Donat Kampar Galesong saat ini telah memiliki 4 cabang dan 1 toko khusus untuk Kue Bolu dengan merek “Boluna DKG”. Hasil analisis IPA (Index Performance Analysis) menunjukkan bahwa terdapat beberapa atribut pemasaran donat kampar galesong yang memiliki nilai tingkat kinerja dibawah nilai tingkat kepentingan konsumen. Atribut tersebut diantaranya, yaitu rasa produk, variasi rasa produk, daya tahan produk, manfaat yang dirasakan dari produk, sertifikasi halal, sertifikasi BPOM/PIRT, harga produk, kemudahan memperoleh produk, dan testimonial konsumen. Selanjutnya efektivitas Digital Marketing yang di peroleh dari hasil analisis Customer Response Index (CRI) menunjukkan bahwa penggunaan Digital Marketing dalam proses pemasaran produk Donat Kampar Galesong dapat dikatakan efektif. Hal ini di buktikan dengan Presentase responden yang sampai pada tahap membeli produk Donat Kampar Galesong sebesar 91.23%, sehingga dapat dihitung 8.77% CRI yang masih bisa diraih oleh produsen donat kampar galesong yang sudah menyadari brand donat kampar galesong, tertarik, berminat tetapi belum sampai melakukan tindakan membeli donat kampar galesong. Prinsip Etika Bisnis Islam mengacu pada periku-perilaku yang harus diterapkan dalam kegitan usaha yang mana perilaku tersebut harus sesuat dengan syariat Islam dan tertuang dalam Al-Qur’an maupun Hadist. Dalam penelitian ini prinsip dan etikan bisnis Islam di kelompokkan kedalam tiga kategori yakni Etika Manajemen, Etika Pemasaran dan Etika Lingkungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan usaha Donat Kampar Galesong telah menerapkan prinsip etika bisnis Islam. Kata Kunci: Digital Marketing, Efektivitas, Etika Bisnis Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Digital Marketing, Efektivitas, Etika Bisnis Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: darman achmad
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:01
Last Modified: 15 Jul 2024 05:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5877

Actions (login required)

View Item View Item