Musdalifah, Musdalifah (2018) Pengaruh karakteristik Sharia Marketing terhadap minat menabung(Studi di BRI Syariah Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.2300.013.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini membahas tentang penerapan sharia marketing yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah Pinrang. Sharia Marketing merupakan sebuah disiplin bisnis yang seluruh proses, baik proses penciptaan, proses penawaran, maupun proses perubahan nilai (value), tidak boleh ada hal-hal yang bertentangan dengan akad dan prinsip-prinsip muamalah yang Islami. Adapun penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui apakah karakteristik sharia marketing yang terdiri dari variabel Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’yyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh terhadap minat menabung. Serta untuk mengetahui variabel yang dominan berpengaruh secara simultan dari karakteristik marketing syariah yang terdiri dari variabel Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’yyah), dan Humanistis (Al-Insaniyyah) terhadap minat menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Analisis Regresi Berganda, Uji T, Uji F, Koefisien Determinasi (Adjusted R Square), dan Korelasi Ganda R. Hasil penelitian ini menunjukkan: berdasarkan pada perhitungan regresi linear, Y = 7,627 + 0,034 x 1 + 0,091 x 2 + 0,232 x 3 + 0,444 x 4, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel X1 yaitu Teistis (Rabbaniyyah) yang bernilai 0,034 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat menabung (Y), variabel X2 yaitu Etis (Akhlaqiyyah) yang bernilai 0,091 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat menabung (Y), variabel X3 yaitu Realistis (Al-Waqi’yyah) yang bernilai 0,232 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat menabung (Y), variabel X4 yaitu Humanistis (Al-Insaniyyah) yang bernilai 0,444 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat menabung (Y). Artinya untuk variabel X1, X2, X3, dan X4 berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung (Y). Adapun variabel X4 yaitu Humanistis (Al-Insaniyyah) berpengaruh dominan secara simultan terhadap minat menabung (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 09 Jul 2019 00:19
Last Modified: 09 Jul 2019 00:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item