Rahmatillah, Sri Fatimah (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FARMASI HALAL DI KOTA PAREPARE (TINJAUAN MAQASHID SYARI’AH). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
_TESIS SRI FATIMAH RAHMATILLAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Farmasi halal merupakan salah satu produk konsumsi dengan tingkat urgensi yang tinggi dalam kehidupan masyarakat muslim. Namun, pada studi empiris masih sangat sedikit analisis tentang perilaku konsumen pada produk farmasi halal di Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli produk farmasi halal, menggunakan teori perilaku konsumen yang terdiri dari variabel budaya, sosial, pribadi, psikologis, dan keputusan pembelian. Dengan menggunakan metode kuantitatif, penelitian ini mengambil data primer dari hasil kuisioner pada 100 muslim Kota Parepare dan dianalisis menggunakan metode SEM-PLS dengan program SmartPls 4.0. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) budaya berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,089 dan nilai signifikansi 0,510>0,05; (2) sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,265 dan nilai signifikansi 0,015<0,05 ; (3) pribadi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,239 dan nilai signifikansi 0,038<0,05; (4) psikologis berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari path coefficients sebesar 0,383 dan nilai signifikansi 0,006<0,05; (5) variabel psikologis paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk farmasi halal, dibuktikan dari nilai t-statistics tertinggi sebesar 2,828 dan nilai korelasi terhadap keputusan pembelian sebesar 0,802 kategori sangat kuat. Terdapat 3 variabel eksogen memenuhi kriteria maqashid syari’ah yaitu faktor sosial, pribadi, dan psikologis, sedangkan 1 variabel tidak memenuhi kriteria maqashid syari’ah yaitu faktor budaya. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Farmasi Halal, Maqashid Syari’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Consumer Behavior, Purchasing Decision, Halal Pharmacy, Maqashid Syari’ah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: darman achmad
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:58
Last Modified: 15 Jul 2024 04:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5851

Actions (login required)

View Item View Item