Hapsa, Hapsa (2018) Hubungan pengetahuan masyarakat tentang produk perbankaan Syariah terhadap keputusan menjadi nasabah(studi pada masyarakat Kabupaten Pinrang). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
14.2300.011.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penelitian ini membahas tentang pengetahuan masyarakat tentang produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui hubungan pengetahuan masyarakat terhadap keputusannya menjadi nasabah pada bank syariah serta mengetahui seberapa besar hubungan pengetahuan masyarakat terhadap keputusan menjad nasabah dan untuk mengetahui berapa besar hubungan dan pengaruh pengetahuan masyarakat terhadap keputusannya menjadi nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode lapangan (field research) dengan pendekatan deskrptif, dan korelasi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan observasi. Adapun metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan menggunakan Uji Statistik Deskriptif, Uji Validitas, Uji Reliabilitas dan Analisis Asumsi Klasik diantaranya: Uji Normalitas, Uji Heteroskedasitas. Analisis Statistik diantaranya: Analisis Regresi Linear Sederhana, Analisis Koefisien Korelasi, Analisis Koefisien Determinasi, dan Uji T (Parsial). Hasil pengujian hipotesis dengan korelasi sederhana menunjukkan adanya hubungan pengetahuan masyarakat tentang produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah pada masyarakat Desa Alitta Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang. Hasil pengelolaan data dibuktikan dengan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 2.003 yang berarti lebih besar dari ttabel dengan nilai sebesar 1,725 dengan taraf signifikan α = 5% , berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak dan Ha ditetima. Adapun hasil dari analisis koefisien korelasi diperoleh r sbesar 0,409 artinya terdapat hubungan yang sedang atau cukup (lemah) antara pengetahuan masyarakat tentang produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah. Sedangkan berdasarkan hasil dari analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang produk perbankan syariah mempengaruhi keputusan menjadi nasabah sebesar 16,7% sedangkan 83,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini. Maka dapat dikatakan bahwa pengetahuan masyarakat tentang produk perbankan syariah terhadap keputusan menjadi nasabah bernilai lemah karena koefisien determinasi dibawah 50%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Perbankan Syariah
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Jul 2019 23:07
Last Modified: 08 Jul 2019 23:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item