Kahar, Salman Al Farisi (2019) Peran badan Penasehatan Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) dalam membentuk keluarga sakinah (Studi di KUA Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
13.2100.035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Penulisan ini dimaksud untuk mengetahui bagaimana Impelementasi Keputusan Menteri No DJ.II/542 Tahun 2013 dalam membentuk keluargasakinah dan bagaimana kontribusi Badan Penasihatan Pembinaan Pelestarian Perkawinan (BP4) kecamatan Bacukiki Barat dalam menjalankan fungsi kepenasihatannya untuk membina keluarga sakinah di KUA Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif, dalam data penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya adalah meggunakan analisi data kualitatif. Kursus calon pengantin dan kursus pra nikah merupakan program unggulan yang dibuat oleh Badan Penasehatan, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) untuk meminimalisir persilisihan yang mengakibatkan perceraian. Dalam Praktek pelaksanaan kursus calon pengantin, kursus pra nikah yang dilakukan setiap hari rabu, dan metode yang digunakan adalah metode ceramah dengan cara penyampain di depan peserta kursus calon pengantin dan peserta kursus pra nikah dengan teori-teori yang berkaitan. Adapun kontribusi khusus yang dilaksanakan oleh BP4 KUA Kec.Bacukiki Barat yaitu untuk menjalankan fungsi kepenasihatannya BP4 membuat beberapa program diantaranya melakukan kursus calon pengantin (suscatin), kursus pra nikah dan sosialisasi ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 08 Jul 2019 18:54
Last Modified: 08 Jul 2019 18:54
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item