Barhas, Putri Adhe Fahiran (2024) . Upaya Guru IPS dalam Meningkatkan Literasi Membaca materi IPS Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.047.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Literasi membaca IPS di SMP Negeri 1 Cempa melibatkan pemilihan bahan bacaan, integrasi konsep IPS, dan metode pengajaran interaktif untuk meningkatkan kemampuan literasi membaca peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kemampuan literasi membaca materi IPS peserta didik kelas kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang (2) Untuk mengetahui dan menganalisis upaya guru IPS dalam meningkatkan literasi membaca materi IPS peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis dampak upaya guru dalam meningkatkan literasi membaca materi IPS peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis. Subjek penelitian yaitu guru IPS dan beberapa peserta didik kelas VIII. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis data yang dilakukan oleh peneliti meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah (1) Sebagian peserta didik di SMP Negeri 1 Cempa menunjukkan minat dan keterlibatan dalam kemampuan literasi membaca peserta didik kelas VIII berada pada tingkat mencari, namun sebagian lainnya menunjukkan kurangnya minat dan keterbatasan rendah dalam literasi, hal tersebut terlihat dari rendahnya minat dalam kegiatan literasi diluar jam pelajaran. (2) Guru meningkatkan literasi membaca IPS peserta didik dengan teori interaksionisme, zona proximal, dan pilihan bahan bacaan. (3) Hasil upaya guru meningkatkan literasi membaca IPS peserta didik menunjukkan kemampuan pada tingkat menelusuri, menunjukkan pemahaman informasi dasar dalam materi IPS, namun belum mencapai pemahaman mendalam
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan, Literasi Membaca, Materi IPS, Kemampuan, Peserta Didik, Upaya Guru |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam > Program Studi Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 06:45 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 06:45 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5805 |
Actions (login required)
View Item |