Mulyani, Mulyani (2023) Strategi Guru Dalam Menerapkan Model Contextual Teachung And Learning ( CTL) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dalam Pembelajaran IPS Di Kelas VII MTS DDI Ujung Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.045.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi guru dalam meningkatkan minat belajar dengan perancanaan Strategi guru dalam penerapan model CTL siswa Kelas VII MTS DDI Ujung. (2) Mengetahui dampak strategi kemampuan guru dalam menerapkan model CTL untuk meningkatkan minat belajar dalam pembelajaran IPS di Kelas VII MTS DDI Ujung Kabupaten Pinrang. Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, penelitian lapangan (field research). Data yang dikumpulkan dengan cara metode wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penganalisisan data yang dilakukan adalah analisis kualitatif antara lain, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data menghasilkan bahwa (1) Strategi guru dalam menerapkan contextual teaching and learning (CTL) yaitu dengan melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. menggunakan 3 strategi yaitu strategi langsung, strategi ini digunakan pada saat guru banyak mengarahkan kegiatan para siswa dalam menerima materi, strategi interaktif, strategi ini merujuk pada pada bentuk diskusi dan saling berbagi dan memberikan kesempatan pada siswa untuk memberikan suatu gagasan, pengalaman dan pandangan masing-masing. Dan strategi empiric, strategi ini digunakan guru dalam mengaktifkan pembelajaran untuk membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalamannya. (2) Dampak dari penerapan model contextual teaching and learning (CTL) yaitu meningatkan minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual teaching and learning (CTL) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | magang user |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 06:35 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 06:35 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5804 |
Actions (login required)
View Item |