Aisyah, Aisyah (2018) Efektifitas model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak MAN I Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Preview |
Text (Fulltext)
13.1100.154.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA : Model Pembelajaran CTL merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seberapa jauh efektifitas guru akidah akhlak dalam memberi model pembelajaran terhadap peserta didik untuk meningkatkan hasil belajarnya. Data dari hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Ex post pacto di mana digunakan dalam rangka untuk mengetahui hasil belajar siswa di kelas VII.I dan VIII.I dengan menggunakan model pembelajaran. Dengan demikian, akan diketahui bahwa pada dua (2) kelas tersebut maka akan diketahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar yang diperoleh dengan model pembelajaran CTL dan CBSA. dengan menggunakan pengujian t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). Beberapa perbedaan yang terjadi antara dua (2) kelas yakni antara kelas CTL dan CBSA. Di mana, mean kelas CTL memiliki 75.14sedangkan kelas CBSA memiliki 68.38. Ini sebagai tolak ukur bahwa hasil belajar yang diperoleh antara keduanya lebih tinggi hasil belajar yang digunakan model pembelajaran CTL. 2). Pengujian normalitas CTL dan CBSA yaitu Asymp.Sig.(2-tailed) = 0.633> α =0,05 berarti data tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya nilai pengujian homogenitas CTL dan CBSA menunjukkan bahwa Asymp.Sig. (2-tailed) = 0.708 > α = 0,05. Dengan demikian hasil dari kedua analisis tersebut telah menunjukkan bahwa keduanya mempunyai varian yang homogen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Subhan Saleh |
Date Deposited: | 07 Jul 2019 22:02 |
Last Modified: | 07 Jul 2019 22:02 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/578 |
Actions (login required)
View Item |