Nasir, Aulia (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMPN 8 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1700.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran mempengaruhi hasil belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran model probing-promptig menjadi salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara penerapan model pembelajaran Probing-Prompting, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VII di SMPN 8 Pinrang serta mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas VII Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Sampel dalam penelitian, yaitu kelas kontrol (VII.3) dan kelas eksperimen (VII.2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran probing-prompting dapat di terima dengan baik oleh peserta didik di SMPN 8 Pinrang dengan mengikuti sintaks model pembelajaran. 2) hasil belajar peserta didik pada pada kelas kontrol sebelum dilakukan penelitian sebesar 47,39 dan hasil belajar setelah di terapkan sebesar 71,30. Sedangkan hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum perlakuan sebesar 46,52 dan setelah di terapkan model pembelajaran probing-prompting sebesar 81,74. 3) dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar yang menunjukkan bahwa H0 di tolak dan Ha di terima dengan nilai signifikan 0,02 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Probing-Prompting, Hasil Beilajar, Peimbeilajaran IPS
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:22
Last Modified: 08 Jul 2024 07:22
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5764

Actions (login required)

View Item View Item