Akbar, Akbar (2023) Sinergitas Pembelajran IPS dengan Ekstrakurikuler PMR dalam Pembentukkan Karakter Siswa di SMPN 2 Patampanua Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1700.056.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendidikan karakter sebagai solusi untuk mengatasi kemerosotan moral yang tengah dihadapi oleh para siswa di era saat ini. Seiring dengan arus globalisasi, dampak buruk yang memengaruhi kepastian usia pelajar semakin meningkat. Oleh karena itu, siswa tidak hanya memerlukan materi pembelajaran, tetapi juga perlu dibekali dengan pelatihan kepribadian yang kokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penggabungan kegiatan ekstrakurikuler dengan Pembelajaran IPS di SMPN 2 Patampanua sebagai strategi yang bermanfaat untuk membentuk siswa menjadi individu yang luar biasa dan memiliki karakter yang kuat di masa depan. Pendekatan penelitian yang diterapkan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian Field Study (Studi Lapangan) yang melibatkan informan, termasuk kepala sekolah, guru IPS, guru pembina PMR, dan siswa. Fokus penelitian ini terpusat pada sinergitas guru dalam membentuk karakter siswa, dengan penekanan khusus pada nilai-nilai karakter seperti disiplin, kemandirian, dan gaya hidup sehat. Data diperoleh dari sumber utama dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta dilengkapi dengan teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kolaborasi antara guru-guru, metode pembelajaran interaktif dan reflektif, partisipasi dan peningkatan pemahaman siswa menjadi penemuan penelitian terhadap model pembelajaran ini. Proses sinergitas melibatkan kolaborasi dalam perencanaan, menghubungkan konsep, integrasi nilai-nilai karakter, dan evaluasi berkelanjutan. Faktor pendukung meliputi komitmen guru dan pembina PMR, dukungan kepala sekolah, dan partisipasi aktif siswa, sedangkan kendala waktu, pemahaman yang rendah, keterbatasan sumber daya, dan kesulitan evaluasi menjadi faktor penghambat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sinergitas Pembelajaran IPS, Ekstarkurikuler PMR, Karakter Siswa. |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 03:52 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 03:52 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5757 |
Actions (login required)
View Item |