Razak, Rasmida (2024) Implementasi Project Based Learning dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Kelompok B di RA Ashabul Kahfi Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1800.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional anak ditandai dengan adanya kesesuaian antara perilaku dan tuntutan sosial. Project based learning merupakan model pembelajaran berbasis proyek yang melibatkan anak secara langsung dalam membuat produk, hasil dari aktivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi project based learning mengembangkan sosial emosional anak Kelompok B di RA Ashabul Kahfi Kota Parepare dengan jumlah 16 anak didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti model analisis ineteraktif dan uji keabsahan data menggunakan uji kreadibilitas dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi project based learning dapat mengembangkan sosial emosional anak kelompok B RA Ashabul Kahfi Kota Parepare. Project based learning menciptakan pembelajaran yang berpusat pada anak didik dan menstimulus anak untuk mengekspresikan diri secara kreatif. Adapun proyek yang dilakukan dalam implementasi Project based learning ialah membuat buku jurnal emosi anak melalui tiga tahap yaitu: permulaan, pengembangan dan penyimpulan. Penelitian ini dapat dikembangkan lebih jauh untuk menelusiri pengaruh buku jurnal emosi dalam perkembangan sosial-emosi anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Project based learning, Sosial emosional
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:36
Last Modified: 05 Jul 2024 02:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5751

Actions (login required)

View Item View Item