Arini, Aulia Qisti (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial pada Anak Kelompok B di TK Al-Qurobil Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1800.022.pdf] Text
18.1800.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran kooperatif yang melibatkan suatu kelompok berperan untuk membuat interaksi sosial. Problematika relevan dengan jiwa sosial anak yang masih sangat kurang menjadi isu penelitian ini. kooperatif ini mengharuskan peserta didik untuk mampu bekerja kelompok seperti halnya suatu kelompok yang dipimpin oleh guru, dan guru bertugas untuk menyediakan materi dan informasi yang dibuat untuk membantu peserta didik menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif dan meningkatkan kemampuan sosial peserta didik di TK Al-Qurobil Parepare. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau classroom action research, dengan subjek penelitian yaitu Kelas B dengan jumlah 10 anak pada rentan usia 5-6 tahun. Dengan tahapan penyelesaian penerapan siklus sebanyak 2 (dua) siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dilakukan selama 2 siklus dengan mengikuti tahapan; perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi dengan alokasi jumlah pertemuan sebanyak 2 kali pertemuan pada siklus I dan 2 kali pertemuan pada siklus II, pendekatan utama pembelajaran kooperatif dilakukan dengan cara membagi anak kedalam 3 kelompok dengan jumlah perbandingan kelompook 3;3;4 dengan tema materi yaitu mencocokan gambar dan bentuk hewan dan buah. Hasil evaluasi siklus I yaitu BSB (0%), BSH (10%), MB (20%), BB (70%) sedangkan hasil evaluasi siklus II yaitu BSB (3%), BSH (70%), MB (0%), BB (0%). Peneliti memutuskan tahapan tindakan pada siklus II dengan mengidentifikasi perkembangan sosial anak telah meningkat. Pengembangan kemampuan sosial anak setelah menggunakan pembelajaran kooperatif yaitu merujuk pada seluruh indikator dengan hasil bahwa: indikator berinteraksi dengan teman sebaya menunjukkan nilai 100% peningkatan, indikator bekerjasama dengan teman sebaya menunjukkan nilai 100% peningkatan dan indikator interaksi anak dan guru menunjukkan nilai 100% peningkatan. Sehingga dengan hasil tersebut maka kriteria capaian perkembangan anak pada kategori kemapuan sosial anak berkembang sangat baik (BSB).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Strategi Kooperatif, Kemampuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:58
Last Modified: 02 Jul 2024 06:58
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5743

Actions (login required)

View Item View Item