Nurrahma, Nurrahma (2023) Analisis Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Speech Delay Usia 3 Tahun (Studi di Desa Mirring Kec Binuang Kab Polewali Mandar). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1800.004.pdf] Text
18.1800.004.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Pola asuh orang tua merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan, oleh karena itu orang tua perlu mengetahui bagaimana pola asuh yang sesuai untuk anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pola asuh orang tua pada anak speech delay. Speech delay yang dialami anak usia 3 tahun di Desa Mirring merupakan keterlambatan berbicara dengan anak sulit mengucapkan bahasa verbal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif melalui pendekatan studi kasus, dengan subjek 3 orang tua dan anak, metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi dari orang tua dan anak. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa speech delay yang alami anak di Desa Mirring belum berkembang sesuai harapan dikarenakan beberapa faktor yaitu faktor genentik, kurang bersosialisasi, dan pola asuh orang tua. Pola asuh orang tua pada anak mengalami perlakuan pada pola asuh otoriter dan pola asuh permisif sehingga menyebabkan anak mengalami speech delay. Sehingga pentingnya edukasi pada orang tua mengenai tahapan pola asuh, ada empat jenis tahapan pola asuh yaitu pola asuh otoriter, permisif, demokratis, dan situasional. Orang tua yaitu ibu di Desa Mirring menggunakan pola asuh otoriter dan permisif yang seharusnya pola asuh yang diterapkan pada anak speech delay adalah pola asuh demoktratis dan pola asuh situasional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Orang Tua, Anak, Speech Delay
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:44
Last Modified: 02 Jul 2024 02:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item View Item