Safitri, Dwi (2023) Peran Guru Dalam Menanamkan Kemampuan Literasi Pada Anak di TK Grand Laugi Kecamatan Bacukiki Keluruhan Lompe Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1800.002.pdf] Text
18.1800.002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Literasi menjadi hal yang sangat penting dalam dunia pendidikan terutama bagi anak usia dini agar anak siap untuk melangkah kejenjang sekolah dasar. Peranan guru menjadi hal yang penting dalam meningkatkan perkembangan literasi pada anak usia dini, guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, sekaligus sebagai contoh tauladan yang baik untuk anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam meningkatkan kemampuan literasi pada anak di TK Grand Laugi Kecamatan Bacukiki Kelurahan Lompoe Kota Parepare. Penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru yang berada di TK Grand Laugi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan penelitian ini yaitu uji kredibilitas dimana terdapat perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dalam penelitian, dan member check. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data, dan menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam menanamkan literasi melalui kegiatan membacakan dongeng dimana guru berperan sebagai motivator memberikan pujian kepada anak saat anak mampu menjawab pertanyaan yang diberikan, sebagai fasilitator menyediakan sarana berupa buku dongeng saat proses pembelajaran, sebagai evaluator pemberian evaluasi secara langsung yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran, dan sebagai pengelolaan kelas menciptakan suasana serta kegiatan yang menyenangkan yang menarik minat belajar anak. Faktor penghambat guru dalam menanamkan pembelajaran literasi berasal dari anak dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor pendukung dalam menanamkan pembelajaran literasi pada anak yaitu ketersedian fasilitas yang memadai, pengadaan kerjasama guru dan orang tua, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan untuk anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Literasi, Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:34
Last Modified: 02 Jul 2024 02:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5740

Actions (login required)

View Item View Item