Naufal, Muh. Asraf (2023) Penerapan Metode Permainan Bowling Untuk Mengembangkan Matematika Permulaan Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Desa Bojo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1800.021.pdf] Text
17.1800.021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Kemampuan matematika berkenaan dengan berhitung, mengenal angka, penjumlahan, pengurangan, dan konsep matematika konkrit. Kemampuan matematika sangat dibutuhkan dalam kehidupan nyata. Di lingkungan bermain anak sering mendapatkan konsep matematika sehingga memaksa anak untuk memahami bagaimana berhitung yang benar, bagaimana menjumlahkan dan bagaimana pengurangi serta bagaimana mengenal benda disekitar anak. Pembelajaran matematika pada anak lebih menyenangkan bagi anak saat diajarkan secara konkrit. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan matematika permulaan pada anak usia 5-6 tahun dalam metode penerapan bermain bowling di TK dharma wanita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research, dengan subjek penelitian yaitu semua siswa TK Dharma Wanita Desa Bojo yang terdiri dari . Dengan tahapan penyelesaian siklus sebanyak 2 (dua) siklus. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model PTK Kurt Lewin. Berdasarkan hasil penelitian melalui permainan bowling secara keseluruhan terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi kemampuan berhitung anak. Hal Ini dapat dilihat melalui tindakan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak yang signifikan. Selanjutnya melalui pendekatan bowling anak dapat lebih aktif dan memberikan pengetahuan dan pengalaman baru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Permainan Bowling, Mengembangkan Matematika Permulaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:13
Last Modified: 02 Jul 2024 02:13
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5738

Actions (login required)

View Item View Item