Basir, Intan Mandasari (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen Terhadap Pengembangan Sains Kelompok B di TK se-Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1800.018.pdf] Text
18.1800.018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran eksperimen kelompok B di TK se-Kota Parepare. (2) Bagaimana pengembangan sains peserta didik kelompok B di TK se-Kota Parepare. (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan metode pembelajaran eksperimen dengan pengembangan sains peserta didik kelompok B di TK se-Kota Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatank uantitatif dan jenis penelitian lapangan dengan desain asosiatif. Sampel penelitian ini adalah 28 responden yang sampelnya dibentuk dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data yang terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan Software IBM SPSS Statistics. Temuan penelitian antara lain sebagai berikut: (1) Penerapan metode pembelajaran eksperimen di TK se-Kota Parepare memiliki presentase nilai 83,9% yang termasuk dalam ketagori tinggi. (2) Pengembangan sains peserta didik kelompok B di TK se-Kota Parepare memiliki presentase nilai 80,9% yang termasuk dalam kategori tinggi. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran eksperimen terhadap perkembangan sains peserta didik kelompok B di TK se-Kota Parepare dibuktikan dengan perolehan nilai signifikan 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Eksperimen, Pengembangan Sains
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:14
Last Modified: 02 Jul 2024 06:14
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5736

Actions (login required)

View Item View Item