Mutmainnah, Mutmainnah (2024) Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di UPT SMP Negeri 4 Mattirobulu Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
19.1700.035.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Latar belakang tingkat pendidikan orang tua di UPT SMP Negeri 4 Mattirobulu sangat bervariasi. Ada yang berlatar belakang SD, SMP, SMA dan juga sarjana. Berdasarkan hal tersebut terdapat perbedaan perlakuan yang diterima oleh siswa di rumah dalam hal dukungan belajar. Dampak yang ditimbulkan dari perbedaan ini tidak hanya pada hasil belajar juga dalam hal disiplin dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pendidikan orang tua siswa kelas VIII, Untuk mengetahui hasil belajar siswa, serta untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan orang tua dengan hasil siswa UPT SMPN 4 Mattirobulu Pinrang pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 23 siswa kelas VIII dan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (instrumen), observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu uji analisis deskriiptif, analisis inferensial dan analisis hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Latar belakang pendidikan orang tua untuk kategori rendah terdapat 10 orang dengan frekuensi 43,5%, kategori cukup terdapat 9 orang dengan frekuensi 39,13%, kategori sedang terdapat 3 orang dengan frekuensi 13,04% dan kategori tinggi 1 orang dengan frekuensi 4,35% (2) hasil belajar peserta didik kelas VIII UPT SMPN 4 Mattirobulu dalam kategori rendah terdapat 11 orang dengan frekuensi 47,83%, kategori cukup terdapat 3 orang dengan frekuensi 13,04%, kategori sedang terdapat 4 orang dengan frekuensi 17,39% dan kategori tinggi 5 orang dengan frekuensi 21,74%, (3) terdapat pengaruh antara latar belakang pendidikan orang tua dan hasil belajar peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 4 Mattirobulu. Dengan signifikan 0,013 < 0,05 dan nilai r2 0,0472 atau 47,2%, artinya hasil belajar dipengaruhi sebesar 47,2% oleh latar belakang pendidikan orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tingkat pendidikan orang tua, hasil belajar, Pembelajaran IPS |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Hidayatullah Hidayatullah |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 00:56 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 00:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5735 |
Actions (login required)
View Item |