Reski, Reski (2023) Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Di Kempok B TK Basmalah Utama Peduli Kab. Barru. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1800.013 Reski.pdf] Text
18.1800.013 Reski.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimana kemampuan minyimak pada peserta didikkelompok B di TK Basmalah Utama Peduli Kab. Barru. (2) apakah penerapan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada peserta didik di kelompok B TK Basmalah Utama Peduli Kab. Barru. Penelitian ini bertujuan ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media audio visual untuk meningkatkan kemampuan menyimak anak kempok B di TK Basmalah Utama Peduli Kab. Barru. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, dengan subjek penelitian yaitu kelompok B dengan jumlah peserta didik 10. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu siklus PTK dengan 2 kali pertemuan yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart dalam Arikunto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Penerapan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan menyimak anak dapat dilihat pada kondisi awal atau pra siklus anak yang belum berkembang (BB) Sebanyak 7 peserta didik kemudian 3 peserta didik mulai berkembang (MB). Pada siklus I pertemuan 1, peserta didik yang mengalami peningkatan sebanyak 2 peserta didik dikategorikan belum berkembang (BB) dan 8 peserta didik dikategorikan mulai berkembang (MB), pertemuan 2 sebanyak 7 peserta didik dikategorikan mulai berkembang (MB) dan 3 peserta didik dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH). Kemudian pada siklus II peretemuan 1, 9 peserta didik dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 1 peserta didik dikategorikan berkembang sangat baik (BSB), kemudian dilihat dari hasil akhir pada siklus II pertemuan ke 2, 3 peserta didik dikategorikan berkembang sesuai harapan (BSH) dan 7 peserta didik dikategorikan berkembang sangat baik (BSB). Maka dapat disimpulkan melalui penerpan media audio visual dapat meningkatkan kemampuan menyimak anak kelompok B di TK Basmalah Utama Peduli Kab. Barru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Menyimak, Medi Audio Visual.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:55
Last Modified: 02 Jul 2024 03:55
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5730

Actions (login required)

View Item View Item