Ilyas, Nur Ainun (2022) Mengembangkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Permainan Berbahan Dedaunan di RA UMDI Ujung Baru Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1800.010.pdf] Text
17.1800.010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Tahap pengenalan lambang bilangan pada anak usia dini juga harus disesuaikan dengan usia dan ketentuan kurikulum yang berlaku untuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Banyak orang yang menganggap bahwasannya ketika anak sudah memasuki PAUD, anak dituntut untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitifnya khususnya calistung (baca, tulis, hitung). Anak hanya menghafal urutan bilangan tanpa stimulasi pengenalan bentuk dari lambang bilangan secara konkrit. Pada saat guru meminta anak menggambar beberapa benda dengan jumlah antara 1-10, kemudian anak diminta menuliskan lambang bilangannya, mereka masih belum bisa melakukannya dengan baik. Sehingga ketika pembelajaran mengenal lambang bilangan akan berlangsung cukup lama. Tak hanya itu, anak juga masih terlihat kebingungan ketika menghubungkan jumlah benda dengan lambang bilangannya. Padahal kemampuan berhitung dan mengenal lambang bilangan 1-10 seharusnya sudah mulai berkembang diusia 4-5 tahun. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian, diperoleh dari data primer dan sekunder.Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Pada siklus I kemampuan mengenal lambang bilangan anak Mulai Berkembang namun dalam proses pelaksanaan siklus I masih terdapat kekurangan dan hambatan sehingga hasil yang diperoleh belum mencapai indikator keberhasilan. Pada siklus II peneliti memperbaiki kekeliruan yang terjadi pada siklus I seperti memberikan penjelasan secara mendetail dan tidak terburu buru menjelaskan, menunjukkan langkah-langkah setiap kegiatan agar memperoleh hasil yang maksimal pada siklus II.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kognitif, permainan dedaunan, dan anak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:19
Last Modified: 14 Jun 2024 07:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5725

Actions (login required)

View Item View Item