Rismawati, Rismawati (2023) Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Melalui Metode Bermain Puzzle pada Kelompok B di TK An-Nizar Dolangang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1800.022.pdf] Text
17.1800.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Kemandirian merupakan sikap individu yang diperoleh kumulatif selama masa perkembangan, dimana individu akan terus belajar untuk bersikap mandiri dalam menghadapi berbagai situasi di lingkungan, sehingga individu tersebut pada akhirnya akan mampu berfikir dan bertindak sendiri Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui penerapan metode bermain puzzle pada Kelompok B dapat meningkatkan kemandirian Anak Di TK An-Nizar Dolangang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian pre-experimental dengan menggunakan (one group pre-test -post test), pada kelompok B dengan jumlah 15 anak. Dengan pengolahan data menggunakan evaluasi observasi awal, akhir dan treatment metode bermain puzzle. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian anak setelah melakukan treatmen dengan menggunakan metode bermain anak tema alat kebersihan dan alat belajar pada 4 pertemuan. Terdapat peningkatan kemandirian anak dalam hal tersebut terlihat dari hasil pengamatan awal dan hasil pengamatan akhir dengan presentasi peningkatan kemandirian sebesar 86% atau sebanyak 13 anak mengalami peningkatan yang signifikan terkait kemandirian mereka. Hipotesis yang telah dirumuskan terbukti kebenarannya dengan interpretasi bahwa penerapan metode bermain puzzle dapat meningkatkan kemandirian anak pada TK An-Nizar Dolangang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak, Bermain Puzzle,
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:18
Last Modified: 14 Jun 2024 06:18
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5722

Actions (login required)

View Item View Item