Sarmi, Adrah (2023) Investigasi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Berbantuan GeoGebra. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.061.pdf] Text
19.1600.061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu, proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan GeoGebra pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu dan peningkatan kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mattirobulu pada pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan GeoGebra. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari 2 siklus dan dilakukan dengan cara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas kelas VIII.6 SMP Negeri 1 Mattirobulu yang berjumlah 31 orang. Kemudian Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes kemampuan literasi numerasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa analisis lembar observasi dan hasil tes kemampuan literasi numerasi siswa. Hasil penelitian mengenai hasil tes kemampuan literasi numerasi siswa mengalami peningkatan secara klasikal di setiap siklus, dengan persentase yang telah mencapai tingkat kemampuan literasi numerasi pada Pra Tindakan dengan persentase sebesar 16%, Siklus I 54% dan Siklus II 84%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam investigasi kemampuan literasi numerasi siswa pada model pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantuan GeoGebra efektif diterapkan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Mattirobulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi, Realistic Mathematics Education, GeoGebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:05
Last Modified: 14 Jun 2024 06:05
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5721

Actions (login required)

View Item View Item