Afriansyah, Muh. Awal (2023) Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Macromedia Flash Terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.047.pdf] Text
19.1600.047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematis siswa, proses pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan macromedia flash dan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mamuju. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan dilakukan dengan cara kolaboratif. Kemudian Instrumen penelitian terdiri dari lembar observasi dan tes kemampuan literasi matematis siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa analisis lembar observasi dan hasil tes kemampuan literasi matematis siswa. Berdasarkan dari hasil tes kemampuan literasi matematis diperoleh siswa yang mencapai KKM pada Pra Tindakan sebesar 16%, Siklus I sebesar 56% dan Siklus II sebesar 92%. Kemudian kategori tingkat kemampuan literasi matematis diperoleh siswa yang memcapai kategori sedang yaitu, Pra Tindakan 12%, Siklus I 40% dan meningkat pada Siklus II menjadi 56%. Selanjutnya dari hasil observasi, Siklus I aktivitas siswa pada kateori cukup persentase 51,56% dan meningkat pada Siklus II menjadi kategori sangat baik persentase 81%. Kemudian aktivitas guru Siklus I, pada kategori baik persentase 73,39% dan pada Siklus II, meningkat menjadi kateori sangat baik persentase 96%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika berbasis etnomatematika berbantuan macromedia flash dapat meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mamuju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Literasi Matematis, Pembelajaran Etnomatematika, Macromedia Flash
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:59
Last Modified: 14 Jun 2024 05:59
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5720

Actions (login required)

View Item View Item