Agustin, Lenny (2023) Visualisasi Etnomatematika Bugis Memanfaatkan Media Tiktok dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di MTsN Wajo. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.039.pdf] Text
19.1600.039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui visualisasi etnomatematika bugis memanfaatkan media sosial tiktok dan karakter media sosial tiktok memvisualkan etnomatematika bugis dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggambarkan visualisasi etnomatematika Bugis dengan merujuk pada penerapan konsep matematika yang terkait dengan warisan budaya Bugis. Proses visualisasi ini melibatkan penggunaan media tiktok sebagai media visualnya. Penggunaan media TikTok untuk memvisualisasikan etnomatematika bertujuan membangkitkan minat peserta didik dalam proses pembelajaran. Lebih dari itu, penggunaan media tiktok pula bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik analisis data kualitatif dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara data kuantitatif dianalisis berdasarkan angket. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa visualisasi etnomatematika bugis melalui media sosial tiktok pada dasarnya penerapan etnomatematika Bugis dengan menggunakan media khusus, dalam hal ini media khusus yang dimaksud adalah media tiktok. Untuk memvisualkan etnomatematika lewat media tiktok, perlu ditekankan pada kreativitas guru Dengan memodifikasi materi ajar lewat TikTok, guru dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan variatif. Gambar-gambar TikTok yang menggambarkan etnomatematika Bugis, seperti visualisasi geometri, proporsi, pola, urutan, dan sistem bilangan, membuktikan efektivitas dalam menyampaikan konsep matematika secara sederhana dan menarik. Karakteristik yang dimiliki media tiktok di antaranya: pembelajaran interaktif, visualisasi kreatif, dan keterlibatan komunitas. Penggunaan TikTok dalam konteks pembelajaran etnomatematika Bugis dapat memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif, meningkatkan kualitas pembelajaran, dan menciptakan iklim pembelajaran yang baik bagi peserta didik. Meskipun demikian, diperlukan pemahaman dan keterampilan khusus dari pihak guru untuk memaksimalkan potensi media sosial ini dalam konteks pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Visualisasi Bahan Ajar, Etnomatematika Bugis, Tiktok.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 14 Jun 2024 05:36
Last Modified: 14 Jun 2024 05:36
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5718

Actions (login required)

View Item View Item