Jumiana, Jumiana (2023) Realistic Mathematics Education Berbantu Murottal Al-Qur’an dalam Menurunkan Kecemasan Siswa Mengerjakan Soal di SMP 1 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.011.pdf] Text
19.1600.011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan realistic mathematics education berbantu murottal al-qur’an dalam menurunkan kecemasan siswa mengerjakan soal, (2) Apakah realistic mathematics education berbantu murottal al-qur’an efektif dalam menurunkan kecemasan siswa mengerjakan soal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan metodologi kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruhnya adalah siswa kelas VIII SMP 1 Parepare. Pengambilan sampel dalam tinjauan ini menggunakan prosedur pengujian purposive sampling, penentuan sampel tergantung pada pertimbangan guru yang disesuaikan dengan penelitian peneliti sehingga sampel yang dipilih adalah kelas VIII.3 berjumlah 27 siswa. Mengumpulkan data dilakukan melalui pengamatan pelaksanaan pembelajaran, penggunaan kuesioner, dan uji tes. Sementara itu, pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan inferensial seperti uji t-test sampel berpasangan dan uji ukuran efek. Berdasarkan penelitian tersebut, ditemukan bahwa 1) Pelaksanaan model pembelajaran realistic mathematics education dengan bantuan murottal al-qur'an dari awal hingga akhir pertemuan mencapai skor 3,25 menandakan bahwa keterlaksanaan pembelajaran berada pada kategori tinggi. 2) Hasil uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Sig) kurang dari 0,05, yang menandakan penolakan hipotesis nol (H₀) dan penerimaan hipotesis alternatif (H₁). Hasilnya, temuan penelitian mengindikasikan bahwa realistic mathematics Education dengan bantuan murottal al-qur'an secara signifikan menurunkan tingkat kecemasan siswa sebelum dan setelah perlakuan. Selain itu, uji ukuran efek (effect size) dilakukan dan diperoleh nilai sebesar 0,8 yang mengindikasikan tingkat efektivitas yang tinggi. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan model pembelajaran realistic mathematics education dengan bantuan murottal Al-Qur'an terbukti efektif dalam mengurangi tingkat kecemasan siswa saat mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran, Realistic Mathematics Education Berbantu Murottal Al-Qur’an, Kecemasan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:11
Last Modified: 13 Jun 2024 08:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5713

Actions (login required)

View Item View Item