Afianti, Reski (2023) Penggunaan Metode Eksperimen Bencana Alam untuk Menigkatkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Kelompok B di TK Nurhalifah Kota Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1800.008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Dalam kehidupan banyak dijumpai jenis-jenis bencana alam, hal ini di sebabkan banyak faktor salah satunya kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga alam. Penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran dapat menciptakan suasana menyenangkan. Meningkatkan kecerdasan naturalis di mulai sejak masa anak-anak agar kedepannya anak dapat melestarikan alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode eksperimen bencana alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak Kelompok B di TK Nurhalifah Kota Parepare. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan empat pertemuan. Metode yang digunakan dalam menganalisis data dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dekriptif. Subjek penelitian merupakan anak Kelompok B dengan jumlah keseluruhan 10 orang anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak mengalami peningkatan, yang berarti penggunaan metode eksperimen bencana alam dapat meningkatkan kecerdasan naturalis pada anak Kelompok B di TK Nurhalifah Kota Parepare. Pada Siklus I memiliki rata-rata persentase sebesar 70% sedangkan pada Siklus II memiliki rata-rata persentase sebesar 100%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Naturalis, Metode Eksperimen Bencana Alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:30 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:30 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5712 |
Actions (login required)
View Item |