Sarina, Sarina (2024) Identifikasi dan Justifikasi Proses Berpikir Siswa dalam Memahami dan Mengaplikasikan Creative Problem solving pada Pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.008.pdf] Text
19.1600.008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (15MB)

Abstract

Proses identifikasi dan justifikasi menjadi elemen kunci dalam memahami dan mengaplikasikan Creative Problem solving pada pembelajaran matematika. Identifikasi mencakup upaya siswa untuk mengenali dan menentukan pemahaman awal dan akhir mereka sebelum dan setelah penerapan CPS. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pemahaman siswa dalam mengaplikasikan Creative Problem solving pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, informan yang diwawancara ialah guru mata pelajaran matematika dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwaproses identifikasi dan justifikasi pemahaman siswa dalam mengaplikasikan Creative Problem solving pada pembelajaran matematika yaitu melalui tahapan identifikasi pemahaman awal dan akhir sebelum CPS sebagai upaya peningkatan pemahaman materi bilangan bulat melalui Creative Problem solving dimulai dari pengenalan jenis bilangan bulat hingga pada pemecahan masalah bilangan dengan justifkasi pemahaman akhir peserta didik pada kategori cukup yang menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami bentuk bilangan bulat melalui soal essay sehingga mereka tidak dapat membuat skema perhitungan dalam bentuk bilangan bulat, namun pada pengaplikasian CPS peserta didik mampu untuk mengidentifikasi skema bilangan sehingga dapat memahami makna dari soal essay dengan proses berfikir melalui peningkatan berfikir kritis yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving, Pembelajaran Matematika, Justifikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:44
Last Modified: 13 Jun 2024 03:44
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5711

Actions (login required)

View Item View Item