Alfina, Alfina (2024) Pelevelan Mathematics Anxiety Dalam Pembelajaran Matematika Mts Al-Ishlah Batupannu. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.006.pdf] Text
19.1600.006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui level mathematics anxiety pada siswa Mts Al-Ishlah Batupannu serta upaya dalam mengatasi mathematics anxiety pada level ringan dan level panik. Mathematics Anxiety merupakan suatu perasaan yang muncul dalam diri seseorang yaitu perasaan cemas, khwatir, takut dan tegang terhadap matematika. Subjek penelitian ini adalah 13 siswa metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh melalui angket dengan 25 butir pernyataan, dianalisis yang kemudian dikategorikan atau dilevelkan berdasarkan 4 kategori, diantaranya kecemasan ringan, kecemasan sedang, kecemasan berat, dan kecemasan panik. Dengan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa level mathematics anxiety dalam pembelajaran matematika Mts Al-Ishlah Batupannu berada pada kondisi 61,5% berada pada level ringan, 23,1% berada pada level sedang, 15,4% berada pada level berat dan 0% berada pada level panik. Selanjutnya berdasarkan hasil wawancara maka diperoleh beberapa upaya untuk mengatasi kecemasan yang berlebih saat belajar matematika yaitu 1) Membangun kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika, 2) menerapkan model atau matode pembelajaran yang menarik bagi siswa dalam belajar matematika, 3) menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, 4) memperbanyak latihan soal dan penggunaan rumus matematika, dan 5) membangun pandangan positif siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi alternatif guru dalam mengetahui tingkat kecemasan matematika yang alami siswa serta mengetahui upaya untuk mengatasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: mathematics anxiety, pembelajaran, upaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Jun 2024 03:19
Last Modified: 13 Jun 2024 03:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5710

Actions (login required)

View Item View Item