Taufik, Seima Iswana (2023) Studi Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Tradisional dalam Budaya Masyarakat Suku Bugis. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1600.034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
Dalam pembelajaran matematika masih terdapat peserta didik yang kurang dalam pemahaman konsep dikarenakan materi yang disediakan dalam buku kurang sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Kebudayaan masyarakat setempat dapat dijadikan sebagai sumber belajar matematika bagi peserta didik agar pembelajaran jadi lebih bermakna dan menyenangkan. Pembelajaran yang mengaitkan budaya dan matematika dikenal dengan istilah etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika dan merancang lintasan pembelajaran konsep matematika yang terdapat pada alat musik tradisional dalam budaya masyarakat suku Bugis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pengumpulan data diperoleh beberapa alat musik tradisional Bugis yaitu gandrang Mangkasara’, kacaping, dan pui’-pui’. Berdasarkan hasil eksplorasi diperoleh bahwa terdapat konsep matematika pada alat musik tradisional Bugis tersebut yaitu geometri bangun ruang diantaranya kerucut, geometri bangun datar diantaranya lingkaran dan trapezium, dan geometri simetri putar. Sedangkan dari solmisasi atau tangga nada dan ketukan atau tempo pada alat musik tradisional bugis tersebut didapat konsep pola bilangan dan frekuensi perbandingan. Proses eksplorasi yang dilakukan berupa aktivitas pada pembuatan hingga menghasilkan bentuk geometri. Pada proses pembuatan peralatan yang dieksplorasi menunjukkan adanya kemampuan, keterampilan dan aktivitas matematika berupa menghitung, mendesain, mengukur, memainkan dan menjelaskan. Konsep matematika yang dieksplorasi pada perlengkapan adat, dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang kontekstual dalam pembelajaran matematika pada pendidikan formal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Eksplorasi, Alat Musik Tradisional Bugis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 02:56 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 02:56 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5709 |
Actions (login required)
View Item |