Resky, Muhammad (2023) Teknik Scaffolding untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal carita teorema Pythagoras. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.022.pdf] Text
18.1600.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Kesulitan yang terjadi pada siswa pada saat menyelesaikan soal khususnya soal cerita Teorema Pyhagoras pada kelas VIII UPTD SMPN 4 Parepare yang melatarbelakangi penelitian ini. Kesulitan siswa tersebut apabila hanya dibiarkan maka akan berdampak dan menghambat pada proses pemahaman materi selanjutnya terkhusus pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat deskripsi jeniskesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita teorema Pythagoras dan Scaffolding sebagai upaya yang digunakan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan tes,wawancara dan dokumentasi.Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Diperoleh Beberapa kesulitan siswa yaitu Kesulitan pemahaman konsep, Kesulitan prosedural dan kesulitan perhitungan. Kemudian diberikan Scaffolding kepada siswa yang disesuaikan dengan kesulitan yang dialaminya. Pemberian Scaffolding pada kesulitan pemahaman konsep yaitu Explaining, Restructuring dan reviewing. Pemberian Scaffolding pada kesulitan Prosedural yaitu restructuring dan reviewing. Pemberian Scaffolding pada kesulitan perhitungan yaitu Reviewing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Scaffolding, Soal cerita, Teorema Pythagoras
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 13 Jun 2024 02:19
Last Modified: 13 Jun 2024 05:30
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item