AMIR, AMIR (2022) Efektivitas Metode Studi Mandiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas X SMAN 4 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
17.1600.069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode studi mandiri dalam pembelajaran matematika pada masa pandemi kelas X SMAN 4 Parepare dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa dan keterlaksanaan metode pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quazi eksperimental yang melibatkan dua kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 4 Parepare pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 3 kelas dan dipilih 2 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan metode studi mandiri lebih besar dari 73 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan metode studi mandiri. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode studi mandiri efektif digunakan pada siswa Kelas X SMAN 4 Parepare
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Hasil Belajar Matematika, Metode Studi Mandiri |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:21 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:21 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5706 |
Actions (login required)
View Item |