Syarma, Irwan (2024) Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Peserta Didik Kelas X SMAN 9 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1600.059.pdf] Text
17.1600.059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu keterlaksanaan model pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quazi eksperimental yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X SMAN 9 Pinrang pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 3 kelas dan dipilih 1 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project sebesar 3,89 (terlaksana dengan sangat baik), (2) Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) kelas eksperimen yaitu 57 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) kelas eksperimen yaitu 79 berada pada kategori sedang, (3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 100% (22 siswa) mencapai ketuntasan individu, (5) rata-rata gain ternormalisasi sebesar 0,61 (kategori sedang). Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project lebih besar dari 75 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model pembelajaran. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics efektif digunakan pada siswa Kelas X SMAN 9 Pinrang

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas,Pembelajaran, Missouri Mathematics Project, Hasil Pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:31
Last Modified: 10 Jun 2024 07:31
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5703

Actions (login required)

View Item View Item