Bahri, Hestiawati (2022) Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Belah Ketupat Pada Peserta Didik VIII SMP 8 Parepare. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1600.061.pdf] Text
17.1600.061.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1).Mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dialami peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare dalam menyelesaikan soal belah ketupat; 2).Mengetahui faktor penyebab kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare dalam menyelesaikan soal belah ketupat; 3).Mengetahui upaya yang dilakukan untuk meminimalkan kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare dalam menyelesaikan soal belah ketupat yang kemudian akan menghasilkan analisis tentang kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal belah ketupat. Pada penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama pendidik atau guru pelajaran matematika di SMPN 8 Parepare, dan tes tertulis yang dilakukan pada peserta didik kelas VIII.3 yang menjadi sumber utama dari penelitian ini. Uji keabsahan data dengan melakukan teknik credibility, tranferbility, debility dan confimability. Adapun teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal belah ketupat pada peserta didik kelas VIII SMPN 8 Parepare disimpulkan bahwa: 1) Jenis-jenis kesalahan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Parepare sebagai berikut: kesalahan dalam menerapkan konsep, kesalahan perhitungan, kesalahan Menyelesaikan soal ditunjukkan. 2) Kesalahan dalam menyelesaikan soal belah ketupat yang dialami peserta didik lebih dominan pada kesalahan konsep dan kesalahan prosedur hampir mencapai setengah dari jumlah keselruhan, karena hasil pekerjaan peserta didik rata-rata berada dibawah nilai kriteria ketuntasan minimum. 3) Faktor-faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesalahan dalam mengerjakan soal dalam penelitian ini yakni kurangnya ketelitian peserta didik dalam menyelesaikan soal, peserta didik tidak teliti dalam membaca dan memahami soal, dan sikap terburu-buru dari peserta didik dalam menyelesaikan soal sehingga menyebabkan kesalahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Belah Ketupat.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 10 Jun 2024 06:52
Last Modified: 10 Jun 2024 06:52
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5700

Actions (login required)

View Item View Item