Ramadhan, Yusril Fitrah (2022) Tingkat kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika melalui strategi problem based learning SMAN 4 Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 17.1600.016.pdf] Text
17.1600.016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)

Abstract

Salah satu mata pelajaran yang bisa mengembangkan pola pikir kritis, sistematis dan logis adalah matematika. tentunya dalam pembelajaran matematika membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil observasi pembelajaran dengan metode terfokus kepada guru masih diberlakukan sehingga peserta didik masih kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika melaui strategi problem based learning pada kelas X IPA SMAN 4 Pinrang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian pre-eksperimental dengan menggunakan one-group pretest posttest design yaitu eksperimen yang dilakukan pada satu kelompok tanpa kelompok pembanding. Penelitian ini menggunakan test sebagai instrumen pokok pengambilan data dalam melihat hasil penelitian nantinya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah 90,90% dan rata-rata tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan strategi PBL adalah 91,39%. Dengan rincian 81,82% peserta didik memperoleh tingkat kemampuan pemecahan masalah dengan kategori sangat tinggi, 18,18% peserta didik memperoleh kemampuan pemecahan masalah dengan kategori tinggi dan selebihnya 0% peserta didik mendapatkan kategori ≤ cukup. Sehingga strategi problem based learning adalah strategi yang tepat dalam proses pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 07 Jun 2024 06:38
Last Modified: 07 Jun 2024 06:38
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5693

Actions (login required)

View Item View Item