Alda, Alda (2024) Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Nilai Agama dan Moral Anak pada Kelompok B di TK PGRI 1 Lawawoi). Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1800.020.pdf] Text
18.1800.020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan Gadget menjadi salah stau problematika dalam dunia pendidikan dini, banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan dari kecanduan penggunaan Gadget pada anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dampak penggunaan Gadget terhadap nilai agama dan moral anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan jumlah narasumber yaitu sebanyak 5 orang yaitu guru dan orang tua dengan objek pengamatan anak di Kelompok B TK PGRI 1 Lawawoi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan Gadget pada anak kelompok B di TK PGRI 1 Lawawoi dilakukan hanya pada lingkungan luar sekolah, anak tidak diperbolehkan untuk menggunakn Gadget selama berada di dalam lingkup sekolah, penggunaan Gadget dilakukan secara intens/sering dan tidak mengenal waktu dengan tingkat kecanduan penggunaan yang tinggi. Penggunaan Gadget dilakukan tidak dengan pengawasan orang tua dan dilakukan baik itu sendiri maupun secara berkelompok anak di TK PGRI 1 Lawawoi. 2) Dampak penggunaan Gadget terhadap nilai agama pada anak kelompok B di TK PGRI 1 Lawawoi menunjukkan bahwa dengan penggunaan Gadget yang berlebihan memberikan dampak pada kebiasaan anak dalam hal ibadah, dampak yang ditimbulkan ialah kurangnya semangat ibadah anak dan tidak lagi mengenal waktu ibadah ketika menggunakan Gadget mereka serta pemahaman agama yang tidak lagi diperdulikan. 3) Dampak penggunaaan Gadget terhadap nilai moral pada anak kelompok B di TK PGRI 1 Lawawoi menunjukkan bahwa dengan penggunaan Gadget yang berlebihan memberikan dampak pada aspek sopan santun yaitu anak tidak lagi bertutur kata yang sopan saat menggunakan Gadget serta kedisiplinan anak tidak lagi teratur baik itu waktu belajar maupun ibadah serta tidak menunjukkan sikap menghargai/menghormati orang lain. Aktivitas anak tidak menunjukkan cerminan moral yang semestinya dalam aturan pendidikan nilai moral anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Gadget, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini.
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:34
Last Modified: 02 Jul 2024 06:34
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5674

Actions (login required)

View Item View Item