Nasriani, Nasriani (2018) Pengaruh motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah DDI Kanang Polman. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Fulltext]
Preview
Text (Fulltext)
12.1100.030.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

INDONESIA : Motivasi sangat besar peranannya pada peserta didik. Karena dengan adanya motivasi dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik yang diketahui bahwa peserta didik kurang mempuyai minat di dalam belajar Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Mata pembelajaran Fiqih merupakan salah satu mata pelajaran wajib di tingkat Madrasah Aliyah DDI Kanang, indikator pembelajaran Fiqih menekankan pada sisi pengetahuan syariat pada peserta didik. Pembelajaran Fiqih diharapkan mampu menjadi salah satu yang diminati oleh peserta didik pada setiap proses pembelajaran. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik terutama mata pelajaran Fiqih. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pealajaran Fiqih kelas XI IPA di Madrasah Aliyah DDI Kanang Polman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan instrument angket, observasi, dokumentasi serta menggunakan tehnik analisis data korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengelolaan data dengan uji signifikan dan intrprestasi korelasi product moment diperoleh nilai rxy = 0,972 ≥ rtabel = 0,344 pada taraf signifikan ɑ 5% maka hipotesis alternative (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa motivasi berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar peserta didik dimana semakin tinggi motivasi yang diberikan maka akan semakin meningkatkan prestasi belajar peserta didik sedangkan semakin lemah motivasi yang diberikan kepada peserta didik maka prestasi belajar peserta didik akan semakin berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Subhan Saleh
Date Deposited: 11 Jun 2019 19:35
Last Modified: 11 Jun 2019 19:35
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item