AD, Muthmainnah (2022) Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
18.1200.001.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan membahas Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang, mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang dan untuk mengetahui kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang dan upaya untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kesiapan guru sebelum melakukan proses belajar mengajar di kelas. Pada pembelajaran bahasa Arab guru telah menyediakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), memberikan motivasi kepada peserta didik dan menggunakan metode bervariasi pada saat mengajar. (2) Evaluasi hasil pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng sudah berjalan dengan baik, guru menggunakan evaluasi tes dan non-tes. Guru juga menyiapkan kisi-kisi sebelum melaksanakan evaluasi pembelajaran kepada peserta didik. (3) Kendala pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang dan upaya untuk mengatasinya. Ada beberapa kendala dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Arab di kelas VII MTs YMPI Rappang, seperti terdapat beberapa peserta didik yang malas untuk menghafal, ada juga yang menghafal kosa kata yang diberikan tetapi dia tidak tahu menulisnya, ada yang kurang percaya diri jika disuruh naik di depan temannya untuk menghafalkan kosa kata. Sedangkan dalam mengatasi kendala tersebut yaitu meminta kepada peserta didik untuk terus mengulang-ulang pelajaran yang telah diberikan, mengikuti kursus, memperhatikan guru ketika menjelaskan serta meningkatkan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: toni toni toni
Date Deposited: 21 Mar 2024 04:01
Last Modified: 21 Mar 2024 04:01
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5622

Actions (login required)

View Item View Item