Syamsidar, Syamsidar (2024) Penerapan Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) Terhadap Upaya Peningkatan Aktivitas Bertanya dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kabupaten Pinrang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
19.1200.027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Penerapan Strategi Question Student Have (QSH) merupakan strategi pertanyaan peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman peserta didik tentang topik yang sudah dipelajari. Pertanyaan merupakan salah satu strategi sederhana yang dapat menjadi metode alternatif yang cukup efektif dalam meningkatkan kualitas hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran question student have terhadap upaya peningkatan aktivitas bertanya dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kab. Pinrang sekaligus untuk mengetahui peningkatan aktivitas bertanya dan hasil belajar bahasa Arab peserta didik MTs Darul Ulum Ath-Thahiriyah Paladang Kab. Pinrang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang pelaksanaannya dibagi dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi/pengamatan, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh suatu kesimpulan bahwa pra-siklus hasil observasi awal menunjukkan persentase rata-rata aktivitas bertanya peserta didik adalah 50%. Pada siklus I diperoleh persentase rata-rata aktivitas bertanya peserta didik adalah 69,44%. Dan pada siklus II diperoleh rata-rata presentase aktivitas bertanya adalah 80,56%. Kemudian hasil belajar peserta didik pada pra-siklus dengan nilai rata-rata adalah 58,06 dengan persentase ketuntasan 17%. Data pada pra-siklus menunjukkan bahwa ada 17% peserta didik yang mencapai nilai >70. Adapun untuk siklus I rata-rata hasil belajar bahasa Arab peserta didik adalah 73,61 dengan persentase ketuntasan 61%. Artinya ada 61% peserta didik yang memperoleh nilai >70. Dan pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 84,17 dengan persentase ketuntasan 89%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Question Student Have (QSH), Aktivitas Bertanya, dan Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Asnita Asnita
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:07
Last Modified: 23 Apr 2024 08:07
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5586

Actions (login required)

View Item View Item