Salehati, Salehati (2020) Metode Tutor Sebaya Dan Implikasinya Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
13.1100.037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Tutor sebaya dan implikasinya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam.Fokus masalah pada penelitian ini membahas tentang bagaimana Tutor Sebaya,yaitu bagaimana implikasinya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam. Metode tutor sebaya atau teman sebaya merupakan metode belajar menagajar dengan bantuan peseta didik yang kompeten untuk mengajar peserta didik lainnya dan pendidik adalah sebagai fasilitator.dengan metode tutor sebaya peserta didik termotivasi untuk belajar pendidikan agama Islam dengan teman sebayanya. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan metode kualitatif sumber primer dalam penelitian ini adalah Metode Tutor sebaya adalah salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Metode tutor sebaya adalah segala bentuk usaha untuk mengoptimalkan kemampuan peserta didik yang berprestasi dalam satu kelas untuk mengajarkan atau menularkan kepada teman sebaya mereka yang kurang berprestasi.Dalam kegiatan belajar mengajar seorang pendidik dituntut untuk cermat dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan pelajaran.Hal ini bertujuan agar peserta didik dapat memahami dengan mudah materi yang akan disampaikan,sehingga mereka termotivasi untuk mengimplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian ini dengan menggunakan Metode Tutor sebaya dan implikasinya terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam yang sudah dianalisa oleh penulis. Tutor sebaya merupakan proses pembelajaran aktif dan mempermudah dalam menyampaikan materi pelajaran. Sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar lebih giat dan perhatian terhadap pelajaran yang akan dipelajari.Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan bagi Pendidik dan peserta didik, maka guru pendidikan agama Islam disini sebagai pengawas, menentukan tutor, membantu mengatur kelompok, mengatasi kesulitan yang dialami peserta didik serta mengevaluasi pembelajaran yang telah dipelajari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Tutor Sebaya,Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 01:36 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 01:36 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5565 |
Actions (login required)
View Item |