Tasbi, Amal (2022) Penanaman nilai-nilai Akhlakul Mahmudah peserta didik MA Uhaidao Kab. Mamasa. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text (Full Text)
18.1100.099.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
Abstract
Zaman yang semakin moderen akhlak peserta didik begitu merosok sehingga pendidikan akhlak begitu sangat dibutuhkan sebagai dasar mental dan moral peserta didik. Peserta didik harus diberikan perhatian yang khusus guna untuk menanamkan akhlak dalam diri jiwa sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain, kemudian peran orang tua dilingkungan keluarga yakni mempunyai suatu kewajiban terhadap anaknya seperti memelihara, menjaga dan mendidik serta membimbing dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui akhlak peserta didik, kendala dalam menanamkan nilai dan upaya guru-guru di MA Uhaidao dalam menanamkan nilai-nilai akhlakul mahmudah kepada peserta didik Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, Data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi,. Hasil penenlitian menunjukkan bahwa Peserta didik di MA Uhaidao Kab. Mamasa sebagian sudah baik, akan tetapi masih ada beberapa peserta didik yang masih kurang, sehingga guru-guru yang ada di MA Uhaidao terus mengontrol dan mengawasi peserta didiknya, sehingga dapat memudahkan mereka dalam membimbing serta menanamkan akhlakul mahmudah ke dalam jiwa peserta didik. Kendala yang sangat mempengaruhi serta penghambat dalam melakukan penanaman nilai-nilai akhlakul mahmudah ialah faktor jaringan Wifi di daerah MA Uhaidao sudah banyak wifi yang dekat dengan bahkan dirumah peserta didik sudah ada Wiifi. Upaya penanaman nilai-nilai akhlakul mahmudah kepada peserta didik benar-benar dilakukan dimana guru senantiasa melakukan pendekatan serta memberikan nasehat-nasehat serta contoh mengenai Akhlakul Mahmudah dan membuat suatu program yang melibat semua peserta didik sehingga hal tersebut lebih mudah untuk tertanam dalam jiwa peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penanaman nilai-nilai, Akhlakul Mahmudah, Peserta Didik |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040308 Islamic Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 05:53 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 05:53 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5562 |
Actions (login required)
View Item |