Yanti, Maqfira (2023) Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Melalui Kue Tradisional Bugis Pada Materi Bangun Ruang. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 19.1600.022.pdf] Text
19.1600.022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui kue tradisional bugis pada materi bangun ruang dengan mengacu pada kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar siswa, aktivitas siswa, keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dengan cara kolaboratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes dan angket. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas VIII.A SMP Negeri 1 Duapitue yang berjumlah 22 orang. Hasil penelitian hasil belajar siswa mengalami peningkatan ketuntasan di setiap siklus, pada pra tindakan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 63,00 pada siklus I sebesar 69,82 dan pada siklus II 85,91. Aktivitas guru juga mengalami peningkatan dengan persentase 76,31% pada siklus I dan 84,21% pada siklus II, Aktivitas siswa siswa pada siklus I berapada dalam kategori cukup dengan persentase 53,13% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 84,66% dalam kategori sangat baik. Nilai persentase respon siswa selama proses penerapan pembelajaran matematika berada pada kategori sangat positif dengan persentase sebesar 89,55%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika melalui kue tradisional bugis pada materi bangun ruang efektif diterapkan pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Duapitue.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Bangun Ruang, Kue Tradisional Bugis
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010206 Operations Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:19
Last Modified: 03 Nov 2023 07:19
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5539

Actions (login required)

View Item View Item