Hafis, Hafis (2023) Implementasi Etnomatematika melalui Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.

[thumbnail of 18.1600.033.docx] Text
18.1600.033.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan. Etnomatematika ada untuk menutup kesenjangan budaya dan pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika. Tanpa disadari masyarakat telah menggunakan ide-ide tradisional dalam matematika dan perspektif baru tentang matematika Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keefektifan implementasi etnomatematika melalui permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di Kelas IV SDIT Andalusia Kota Parepare. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan mix method dengan desain explanatory sequential design dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data kemampuan kognitif dengan cara tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif, analisis data inferensial dan pengolahan data hasil wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan implementasi etnomatematika melalui permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik serta etnomatematika melalui permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etnomatematika, Kemampuan Kognitif, Permainan Tradisional
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika
Depositing User: Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah
Date Deposited: 03 Nov 2023 07:11
Last Modified: 03 Nov 2023 07:11
URI: https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item