Hafis, Hafis (2023) Implementasi Etnomatematika melalui Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik. Undergraduate thesis, IAIN Parepare.
Text
18.1600.033.docx - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
Dalam kehidupan sehari-hari, pendidikan dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan. Etnomatematika ada untuk menutup kesenjangan budaya dan pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika. Tanpa disadari masyarakat telah menggunakan ide-ide tradisional dalam matematika dan perspektif baru tentang matematika Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan keefektifan implementasi etnomatematika melalui permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik di Kelas IV SDIT Andalusia Kota Parepare. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan mix method dengan desain explanatory sequential design dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu pengumpulan data kemampuan kognitif dengan cara tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif, analisis data inferensial dan pengolahan data hasil wawancara. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan implementasi etnomatematika melalui permainan tradisional dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik serta etnomatematika melalui permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etnomatematika, Kemampuan Kognitif, Permainan Tradisional |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Tadris Matematika |
Depositing User: | Azaliyatulhidayah Azaliyatulhidayah |
Date Deposited: | 03 Nov 2023 07:11 |
Last Modified: | 03 Nov 2023 07:11 |
URI: | https://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/5537 |
Actions (login required)
View Item |